AS Monaco Untung Banyak di Bursa Transfer Musim Panas

AS Monaco Untung Banyak di Bursa Transfer Musim Panas
AS Monaco Untung Banyak di Bursa Transfer Musim Panas
Agen Bola Online – AS Monaco kehilangan banyak pemain pilarnya di bursa transfer musim panas 2017. Jadi kompensasi, mereka jadi club dengan keuntungan terbesar di dalam th. ini.

Monaco berhasil buat surprise pada musim 2016/2017 dengan keluar jadi juara Ligue 1 serta jadi semifinalis Liga Champions. Mereka mencapai perolehan itu dengan adanya banyak ditempati oleh pemain muda.

Di bursa transfer musim panas th. ini juga mereka selanjutnya jadi ‘toko’ untuk beberapa beberapa club Eropa yang mempunyai banyak uang. Pemain-pemain seperti Kylian Mbappe, Tiemoue Bakayoko, Bernardo Silva, sampai Benjamin Mendy terjual dengan harga yang mahal.

Menurut catatan CIES Football Observatory, Monaco memperoleh pemasukan sebesar 394 juta euro dari penjualan pemain pada musim panas ini. Disamping itu, mereka hanya menggunakan 105 juta euro untuk beli pemain baru, seperti Keita Balde, Stevan Jovetic, hingga Terence Kongolo. Berarti ada keuntungan sebesar 289 juta euro yang didapat club garapan Leonardo Jardim.

Dibawah Monaco ada Borussia Dortmund yang memperoleh pemasukan 199 juta euro. Jumlah paling besar di bisa dari penjualan Ousmane Dembele yang beritanya menjangkau 105 juta euro.

Mereka juga mencari penambahan pemain pada musim panas dengan hanya keluarkan uang sebesar 89 juta euro. Bila diakumulasi, club asal Bundesliga itu memperoleh keuntungan 110 juta euro di bursa transfer kesempatan ini.

Ditempat ke-3 ada Lyon yang memperoleh pemasukan 129 juta euro sesudah jual pemain sekaliber Alexandre Lacazette ke Arsenal serta Corentin Tolisso ke Bayern Munich. Disamping itu, cost berbelanja club asal Prancis itu hanya menggunakan 57 juta euro, yang buat mereka untung 72 juta euro.

Real Madrid berada di tempat ke-4 jadi club yang dapat bisa keuntungan sebesar 47 juta euro. Mereka memperoleh pemasukan 139 juta euro dengan pengeluaran berbelanja yang hanya 92 juta euro.

Baca Juga: Pele Prediksi Paulinho Bakal Mengejutkan Barcelona

Di tempat ke-5 ada dua club asal Italia, yakni Fiorentina serta Sampdoria. Keduanya memperoleh keuntungan 42 juta euro. La Viola memperoleh pemasukan 115 juta euro serta hanya membelanjakan uang sebesar 73 juta euro. Sementar itu, Il Samp memperoleh pemasukan 105 juta euro dengan pengeluaran berbelanja sebesar 63 juta euro.

Untuk club asal Inggris hanya ada Swansea City serta Arsenal mencatatkan keuntungan besar untuk masuk tempat 10 tertinggi. Swansea mencapai untung 27 juta euro, sedang Meriam London untung 26 juta euro dari transaksinya di bursa transfer.